MENU KUDAPAN PURBALINGGA TERBAIK 1 PROVINSI

PURBALINGGA – Menu kudapan berbahan dasar ikan kreasi warga Purbalingga meraih predikat Terbaik 1 Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Predikat ini diraih saat Lomba Masak Ikan dalam rangkaian pelaksanaan Gelar Promosi Agribisnis (GPA) ke 6 di Soropadan, Temanggung. Kegiatan Gelar Promosi Agribisnis (GPA) ke 6 ini berlangsung selama 5 hari (19-23/6).
Kepala Dinnakan Kabupaten Purbalingga Ir Sediyono membenarkan, dalam kegiatan Gelar Promosi Agribisnis tersebut, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi jawa Tengah mengadakan lomba masak ikan. Thema yang diambil dalam lomba masak ikan ini, ‘Melalui Lomba Masak Ikan tingkat Provinsi Kita Dukung Keberhasilan Industrialisasi Patin’.
Tim yang dikirim mengikuti Lomba Masak Ikan pada kegiatan Gelar Promosi Agribisnis adalah Tim Penggerak PKK Desa Lamongan Kecamatan Kaligondang. TP PKK Desa Lamongan ini merupakan juara I dalam lomba masak ikan tingkat Kabupaten Purbalingga tahun 2013. Lomba tersebut merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarkan Dinnakan Purbalingga.
Saat mengikuti lomba, Tim Purbalingga membuat kudapan dari ikan potensi daerah Purbalingga berupa ikan lele. Daging ikan lele ini dimodifikasi dengan ubi jalar yang memiliki nama menarik yakni ‘Fish In The Sweet Potato’. Kudapan kreasi warga Purbalingga ini mengalahkan 34 kudapan utusan kabupaten kota se Jawa Tengah.
Ditambahkan Sediyono, selama ini pihaknya terus menggalakkan gemar makan ikan. Bahkan daging ikan tersebut dibuat aneka jenis olahan agar tidak membosankan dan lebih menarik. Salah satu hasil olahan berbahan ikan yang sudah memiliki nilai jual berupa Abon Lele produksi Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklasar) Khairunisa Desa Karangnangka Mrebet. Abon Ikan ini sudah memasuki ritel modern.(umg)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *