Lomba Kudapan Tahu Diharapkan Sokong Kebutuhan Konsumsi Snack Pemda

PURBALINGGA – Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM menyambut baik diselenggarakannya Festival Tahu di Kalikabong, Minggu (9/12) di area parkir swalayan KenMriki. Festival yang di dalamnya juga ada lomba kudapan berbahan dasar tahu ini menatang kreatifitas ibu-ibu PKK tingkat RT di Kelurahan Kalikabong.
Plt Bupati Tiwi mengaku terkagum bahwa Tahu ternyata bisa dibuat aneka kreasi kudapan yang inovatif. Pada kesempatan itu ia berpesan kepada TP PKK Kabupaten Purbalingga untuk mengakomodasi pemenang lomba ini nantinya untuk ditunjuk sebagai pensuplai snack untuk kegiatan Pemda.
“Khusus untuk pemenang lomba kudapan tahu ini bisa dipilih menjadi rekanan untuk menyediakan kudapan setiap kegiatan di Setda (Sekretariat Daerah). Sebab kita juga punya program Bela-Beli yang mewajibkan membeli produk lokal guna mendorong ekonomi masyarakat Purbalingga sendiri,” katanya saat memberi sambutan.
Tahu menurutnya memiliki potensi yang luar biasa, selain enak juga mengandung nilai gizi yang tinggi baik protein atau mineralnya yang menyehatkan. Melalui festival ini, membuktikan produsen tahu di Purbalingga cukup banyak.
“Cuma memang pamornya tahu Purbalingga masih kalah dengan tahu Sumedang. Ini jadi PR kita bersama agar yang namanya tahu Kalikabong bisa terkenal di skup Jateng dan Nasional,” katanya.
Pemkab Purbalingga akan terus support dorong pelaku UMKM tahu. Tahun ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian dan serta Dinkop UMKM telah mendata Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang ada di Kalikabong untuk memenuhi kebutuhan mereka selama ini dalam berproduksi.
“Mulai dari pelatihan, peralatan alat pemecah tahu dan dandang. Kita siap fasilitasi dalam rangka mendorong pertumbuhan UMKM syukur lebih besar lagi dan menyerap banyak tenaga kerja,” katanya.
Seperti yang diketahui Festival Tahu Kalikabong ini diselenggarakan oleh Karang Taruna Medan Remaja Kalikabong. Di dalamnya terdiri dari berbagai kegiatan diantaranya Pesta tahu Gratis, Bazar Tahu, Lomba Kudapan berbahan dasar tahu, demo masak dan Lomba mewarnai untuk anak. Pada acara pembukaan acara ini juga Plt Bupati Tiwi berkesempatan untuk memotong tahu raksasa dan diserahterimakan kepada ketua Panitia.(Gn/Humas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *