Pameran Produk Dan Uji Citarasa Pengan Lokal

IMG02462-20131214-1015

Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Purbalingga menggelar Pameran dan Uji Cita Rasa Pangan Lokal. Kegiatan yang dibuka oleh Ketua TP PKK Purbalingga, berlangsung di halaman Pasar Segamas, Sabtu (14/12).

Kepala BP2KP Ir Zainal Abidin MM mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk pangan lokal yang diproduksi oleh UKM, mengaplikasikan tepung mocaf yang merupakan potensi sumberdaya pangan lokal sebagai pengganti tepung terigu pada pangan olahan.

Tujuan lain untuk mengetahui tingkat penerimaan dan kesukaan konsumen terhadap produk pangan lokal yang telah dicampur mocaf minimal 50 persen.

Jumlah stand yang disediakan terdiri dari 20 buah. Sedangkan peserta pameran adalah para pelaku usaha pangan atau UKM Pangan di Purbalingga yang berjumlah 14 stand.

Sedangkan uji cita rasa dilakukan di 5 stand dengan jumlah olahan yang diujikan sebanyak 20 jenis.

Makanan olahan yang diujikan berupa makanan tradisiona, jajanan pasar, kue dan roti.

Sementara ketua TP PKK Purbalingga Erna Sukento saat membuka acara menuturkan, dalam percepatan penganekaragaman pangan berbasis sumberdaya lokal, salah satu upaya pemerintah berupa pengembangan tepung mocaf.

Tepung ini berasal dari ubi kayu yang telah mengalami proses fermentasi sehingga strukturnya menyerupai tepung terigu.

Usai membuka acara, Erna Sukento berkesempatan meninjau stand dan mencicipi aneka ragam makanan olahan berbahan mocaf. (Umang).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *