Maju Tingkat Nasional, TP PKK DIY Study Orientasi ke Desa Serang

KUNJA dari jogja

Upaya mengikuti jejak Kabupaten Purbalingga dalam lomba pemanfaatan tanah pekarangan Halaman Asri Tertib Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK, Tim Penggerak PKK Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan study orientasi di Desa Serang, Purbalingga.

Kunjungan yang dipimpin BRAY Atika Suryodilogo, untuk melihat dari dekat berbagai upaya TP PKK Purbalingga sehingga mampu mengantarkan desa Serang Kecamatan Karngreja memperoleh Pakarti Utama dalam lomba pemanfaatan pekarangan tingkat nasional.

“Tahun ini kami tengah menyiapkan TP PKK Gunung Kidul maju lomba yang sama tingkat nasional. Karenanya kami ingin menimba ilmu dengan Purbalingga,” kata ketua rombongan sekaligus ketua pokja III TP PKK DIY, di Operation Room Graha Adiguna komplek Pendapa Dipokusumo, Senin (18/11).

Rombongan TP PKK DIY, juga menyertakan TP PKK kabupaten/kota termasuk TP PKK Gunung Kidul yang akan maju tingkat nasional. Kedatangan mereka di Purbalingga disambut Wakil Ketua TP PKK Purbalingga Ny. Erna Sukento dan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Drs Sridadi MM.

“Intinya kami ingin belajar bagaimana mengelola pekarangan warga, rumah sehat dan administrasinya. Sehingga kami membewa banyak rombongan termasuk untuk penyiapan pendanaanya,” jelas BRAY Atika Suryodilogo.

Ny Sofiah Heru Prayitno dari TP PKK Purbalingga dalam keterangannya menuturkan, kegiatan PKK di Purbalingga terselenggara atas kerjasama dan dukungan berbagai pihak seperti dewan penyantun dan dinas/instansi terkait.

Meski demikian diakui wakil ketua 5 TP PKK Purbalingga ini, dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan masih terdapat kekurangan disana sini. Tetapi pasti banyak titik-titik positif sehingga Desa Serang mendapat Pakarti Utama.

“Yang menjadi harapan kami, melalui kegiatan dan program-program PKK, mampu menyokong kelestarian lingkungan di Purbalingga,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Serang Sugito mengaku bangga dengan prestasi warganya. Melalui program pemanfaatan pekarangan yang domotori TP PKK mampu meningkatkan taraf hidup warganya.

“Program itu mampu dimanfaatkan untuk peningkatan pendapatan dan pemenuhan gizi keluarga,” katanya.

Ditambahkan Sugito, melalui pelaksanaan hatinya PKK, telah mampu meningkatkan pemanfaatan pekarangan dari 86 persen menjadi 88 persen. Demikian pula untuk lumbung hdup, peternakan, perikanan dan tanaman obat keluarga.

Usai penerimaan di Operqtion Room, rombongan melanjutkan kunjungan lapangan ke desa Serang. Di desa penghasil utama sayur mayur dan buah strobery ini, mereka diajak berkeliling kampung melihat dari dekat pelaksanaan program HATINYA PKK di desa itu. (Humas/hr)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *