Liburan, Jangan Biarkan Anak Hanya dengan Gadget

Mia di depan para peserta seminar

PURBALINGGA, HUMAS – Memasuki masa liburan, orang tua jangan membiarkan anak habiskan waktunya hanya dengan duduk menonton TV atau bermain games di gadget-nya. Hal ini disampaikan Praktisi Pendidikan dari Semarang, Hj Mia Inayati Rahmania MPd saat menjadi pembicara dalam Seminar Parenting PD Salimah Purbalingga di Pendopo Cahyana, Mingu (21/12).

“Anak-anak itu sangat mudah terpengaruh hal-hal tidak baik dalam games atau tayangan televisi. Karena anak-anak memang belum mampu memfilter apa yang baik atau sebaliknya,” ujar Direktur Sekolah Alam Ar Ridho Semarang ini.

Mia menambahkan, banyak penelitian menemukan hal-hal mengejutkan, seperti terselipnya pornografi dan kekerasan dalam film-film kartun dan games yang kemasannya seolah-olah untuk anak-anak. Tanpa pendampingan dari ortu, anak-anak sangat mudah mengimitasi hal-hal yang semestinya tidak dilakukannya.

“Anak boleh menonton tv, boleh main games, tapi tolong, orang tua harus mampu mengelolanya. Kapan waktu untuk menonton tv, berapa lama main games, tayangan atau games apa yang boleh diakses anak-anak,” jelasnya.

Menurut Mia, sebaiknya orang tua berpikir kreatif untuk memberikan beragam alternatif kegiatan positif yang bermanfaat bagi anak selama liburan. Kegiatan positif itu sebaiknya yang menghibur namun tetap memiliki nilai edukasi.

Seminar ini diselenggarakan Pengurus Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Purbalingga dan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Kabupaten Purbalingga untuk memperingati Hari Ibu. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Purbalingga Tasdi SH MM, dan dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Drs Subeno SE MSi, Wakil ketua TP PKK Kab Purbalingga Ny Erni Tasdi, Ketua GOW Purbalingga Sribawa Tri Juniati serta lebih dari 300 peserta seminar yang mayoritas ibu-ibu.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan seminar yang diselenggarakan PD Salimah Purbalingga ini. Saya sangat berharap, para orang tua yang hadir dalam kegiatan ini dapat memperoleh manfaat dan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat,” kata wakil Bupati Tasdi SH MM.

Tasdi berharap PD Salimah Purbalingga lebih memaksimalkan eksistensi serta kontribusinya pada masyarakat Purbalingga, terutama dalam hal pemberdayaan perempuan. Karena menurutnya, persoalan krusial yang dihadapi Purbalingga salah satunya terkait permasalahan SDM termausk SDM kaum perempuan.

Terpisah, Ketua PD Salimah Purbalingga Lindhawati mengatakan kegiatan seminar ini merupakan kegiatan rutin memperingati hari ibu tiap tahunnya. Selain itu, PD Salimah Purbalingga juga secara rutin dan berkala melakukan pemberdayaan perempuan dan majelis taklim di semua kecamatan di Purbalingga melalui acara Roadshow. (Estining Pamungkas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.