Warga Desa Serang Dilatih Membuat Coctail Welok

Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Purbalingga Ny Erna Sukento mengamati praktek pembuatan Coctail Welok dan Asinan Sawi1

Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga, mengadakan pelatihan pembuatan produk olahan inovatif bagi anggota PKK Desa Serang Kecamatan Karangreja. Kegiatan yang dipantau Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Ny. Erna Sukento mengajak kader PKK Desa Serang memanfaatkan hasil pekarangan menjadi produk olahan bernilai ekonomi tinggi.

Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Purbalingga Ny Erna Sukento mengamati praktek pembuatan Coctail Welok dan Asinan Sawi6“Kami memotivasi kader PKK desa Serang untuk mengolah welok atau labu siam menjadi produk minuman Coctail Welok beserta pengemasan dan pemasarannya,’ kata Sekretaris TP PKK Kabupaten Ny Erna Purwanto di Aula Balai Desa Serang, kemarin.

Dia menuturkan, selain membuat Coctail Welok, kader PKK desa Serang yang tengah bersiap menghadapi penilaian lomba pelaksana terbaik HATINYA PKK (Halaman Asri Indah dan Nyaman) tingkat Nasional, juga diberi pelatihan pembuatan Asinan Sawi. Kedua bahan dasar produk olahan itu, lanjut Erna, merupakan hasil pemanfaatan lahan pekarangan yang produksinya cukup melimpah. Bahkan khusus buah welok, oleh masyarakat setempat ditanam ditiap pintu masuk halaman rumah sebagai gerbang hijau.

“Selama ini hasil pertanian welok hanya dipasarkan sebagai sayur mayur di STA Kutabawa. Karenanya kita ajak mereka mengemas menjadi produk minuman kemasan. Termasuk asinan sawi yang memiliki nilai jual cukup tinggi,” jelasnya.
Sementara, Ketua TP PKK Desa Serang Ny. Wigati Sugito menyambut baik kegiatan pelatihan itu. Hasil ketrampilan yang diperoleh, kata dia, dapat menambah inovasi produk olahan yang diproduksi oleh para kader PKK di desanya.

“Akan kami tindaklanjuti pelatihan kali ini dengan membuat minuman kemasan Coctail Welok. Hasilnya akan kita pasarkan di warung-warung desa dan outlet penjualan produk untuk wisatawan,” katanya.

Selama ini, kata Wigati, kader PKK yang dimotori kelompok wanita tani, telah banyak melakukan inovasi produk olahan. Diantaranya, olahan berbahan dasar strowberi seperti getuk stowberi, syrup strowberi, pudding strowberi, teh daun strowberi dan peyek daun strowberi. Produk olahan lainnya adalah syrup wortel dan dodol wortel.

“Produknya kami pasarkan untuk para wisatawan yang berkunjung ke Serang. Termasuk untuk memenuhi pesanan masyarakat dan instansi,” tambahnya.

Usai pelatihan, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten, melakukan kunjungan rumah untuk memberikan pembinaan rumah sehat. Pemantauan juga untuk melihat kesiapan warga dalam menghadapi penilaian tingkat nasional yang akan dilaksanakan 23 April mendatang. (/Hr)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *