Peringati Hari Ibu, Aneka Produk Dipamerkan

Ketua TP PKK Kabupaten Purbalingga Ny Erna Sukento melihat-lihat aneka kerajinan tangan buatan para ibu-ibu organisasi wanita dan kelompok UPPKS Kabupaten Purbalingga (2)

Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-85 Tahun 2013 Tingkat Kabupaten Purbalingga , dimeriahkan gelanggang dagang aneka produk kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) serta hasil produk organisasi wanita dari berbagai SKPD dan TNI/Polri.

Aneka kerajinan produk olahan makananan kecil hingga kerajinan tangan hasil karya para wanita dari berbagai gabungan organisasi tersebut mendapatkan antusiasme dari ibu-ibu untuk membeli, sesaat setelah pelaksanaan upacara di halaman Pendopo Dipokusumo Senin (30/12).

Ketua Panitia Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-85 Tahun 2013 Tingkat Kabupaten Purbalingga Ny Arif Hardoyo mengatakan selain sebagai ajang untuk menampilkan kreasi berbagai produk serta aneka kerajinan para ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi wanita dan kelompok UPPKS, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian serta wujud penghormatan kepada Ibu.

“Sebagai penghormatan kepada ibu, kami mewujudkan dengan menampilkan aneka kreasi kerajinan dan produk olahan yang khusus dipersembahkan untuk memeriahkan hari yang bersejarah yang diperingati setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya,”tuturnya.

Bupati Purbalingga Drs Sukento Ridho Marhendrianto MM dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Purbalingga Imam Subijakto S Sos M Si mengatakan, selama ini masyarakat telah salah kaprah dalam memahami Hari Ibu.

“Banyak yang mengira, Hari Ibu lebih sekedar peringatan terhadap jasa-jasa para ibu yang telah bersusah payah mengandung, melahirkan, menyusui, membesarkan serta mendidik anak-anaknya,”katanya.

Menurut Sukento, menengok sejarahnya pada Konggres Perempuan pada tanggal 22 Desember 1928, Hari Ibu sesungguhnya hampir sama dengan momentum hari Kartini yang memperjuangkan kesetaraan antara perempuan dengan laki-laki.

“Tujuan perjuangan ini sendiri bukan berarti menafikan kodrat perempuan yang telah dianugerahkan Tuhan kepadanya. Tetapi lebih pada memberikan kesempatan kepada perempuan untuk berkiprah, sehingga mampu meningkatkan kualitas hidupnya sendiri,” tutur Kento.

Upacara Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-85 Tingkat Kabupaten Purbalingga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga para Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Purbalingga, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Kepala Badan/Dinas/Kantor/Bagian, Camat Se Kabupaten Purbalingga, dan para ketua serta pengurus organisasi wanita se Kabupaten Purbalingga.

Gelanggang dagang produk kelompok UPPKS dan gabungan organisasi wanita diikuti oleh Persit KCK XVII Kodim 0702/PBG, Persit Yonif 406/Candra Kusuma Purbalingga, PIA ARDHYA GARINI Cabang 8 Lanud Wirasaba, Bhayangkari Polres Purbalingga, UPPKS Lestari Kelurahan Bancar serta UPPKS “Jambu Negara” Desa Jetis Kecamatan Kemangkon.

Produk yang dipamerkan antara lain olahan makanan kecil, batik, aneka jus buah, lukisan serta kerajinan tangan lainya. Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga Ny Erna Sukento didampingi para pejabat dan ketua organisasi wanita Kabupaten Purbalingga meninjau stand dan memborong hasil kerajinan yang dipamerkan pada kegiatan tersebut. (Key)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *